Sabtu, 23 Februari 2008

Hati-hati, Soda Diet Juga Bisa Bikin Gemuk
Selasa, 19--2008 15:51:29
Oleh : Rahmi

Soda diet umumnya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet, atau yang berusaha menjaga berat tubuhnya. Tapi apakah dengan mengkonsumsi soda diet, berat badan Anda dijamin tak akan naik? Jawabannya, bisa 'ya' dan 'tidak'.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, orang yang minum soda diet masih memiliki 41% kesempatan untuk menjadi gemuk. Menariknya penelitian tersebut juga memperlihatkan, minuman diet beresiko lebih besar terjadinya obesitas daripada minuman soda biasa.

Kok bisa? Padahal minuman soda diet mengandung sedikit kalori. Beberapa peneliti percaya bahwa saat minum soda diet, seseorang akan berpikir telah melakukan hal yang 'benar' untuk tubuh mereka. Sehingga mereka pun merasa bebas mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

Contohnya saat makan di rumah makan cepat saji. Karena telah memesan segelas soda diet, maka Anda berpikir dapat memesan makanan dengan ukuran besar. Hampir setiap orang melakukannya tanpa sengaja dan kerap luput dari perhatian, hingga tiba-tiba timbangan Anda naik beberapa kilo.

Penelitian lainnya juga menunjukkan, soda diet sebenarnya merangsang nafsu makan. Penjelasannya, rasa manis yang terdapat pada soda diet sebenarnya menciptakan keinginan untuk memakan makanan manis lebih banyak. Secara tak langsung, asupan kalori Anda pun meningkat.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Satu hal yang harus diingat, makanlah dalam porsi kecil. Kurangi konsumsi soda biasa maupun soda diet setiap hari, agar berat badan dapat tetap terkontrol.

Perhatikan pula, apakah di saat Anda mengkonsumsi soda diet Anda jadi cenderung makan secara berlebihan. Meski obesitas tak identik dengan minuman bersoda, namun ada baiknya Anda tetap perhatikan apa yang Anda konsumsi setiap hari.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda